Pecak Gurame

IMG-20130517-00272

Jadi… setelah berhenti kerja akhir bulan April 2013 lalu, si ayah punya request buat dimasakin sama si bunda. Baiklah… karna bunda juga  ngeces sama pecak gurame yg pernah dimakan di restoran ayam cianjur, jadi mulai deh googling cari-cari resepnya.

dan taraaaa…. ini dia pecak gurame ala bunda

penampakan sih bagus, kalo rasa insya Allah enak deh ya…. (soalnya langsung ludes dan ayah ga komplen apa2)

mau coba bikin juga? nih aku kasih list bumbu2 nya ya… tapi klo takarannya, takaran kira2… hihihihi. tergantung besar nya ikan, dan tergantung selera kita sendiri. :p

  • ika gurame (bisa juga pakai ikan lain ya… sesuai selera aja)
  • cabe merah besar
  • cabe merah kriting
  • cabe rawit (jika suka pedas)
  • kunci
  • jahe
  • bawang merah
  • bawang putih
  • jeruk nipis
  • terasi
  • garam
  • gula

Untuk ikan nya etelah cuci bersih, diberi garam dan jeruk nipis agar tidak amis. Taburi tepung terigu sebelum di goreng di minyak yg panas sekali. sebaiknya minyak cukup banyak sehingga saat ikan dimasukkan ke wajan dapat terendam agar hasil sempurna. Ditaburi tepung tujuannya agar ikan tidak menempel saat digoreng. Setelah digoreng, untuk menghasilkan bau yg menggunggah boleh dibakar, sampe agak2 gosong gitu…

Untuk kuah pecak nya, semua bumbu sebaiknya di bakar biar wangi. karna bunda ga ngerti gimana nge bakarnya akhirnya di sangrai aja deh… lumayan kok hasilnya. Setelah di sangrai, semua bahan di ulek. lalu tuangkan air panas

setelah itu tinggal siram kuah pecak diatas ikan yg sudah matang tadi.

taraaa…… selamat menikmati…. !

 

Ika Merseana | facebook: Ika Merseana | www.penghasilanbunda.com | ikamerseana.wordpress.com | 08161409698 |
~bunda yg punya penghasilan tambahan sambil online~
Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: